Cara Mudah Mengatasi Android Yang Lemot

Posted by

Cara Mudah Mengatasi Android Yang Lemot – HP Android yang lemot memang sering menjadi keluhan penggunanya. Biasanya Android menjadi lemot pada saat anda membuka aplikasi ataupun browsing. Banyaknya aplikasi yang anda masukkan pada smartphone anda dan tidak diiringi dengan kapasitas RAM yang besar bisa mengakibatkan HP Android lemot luar biasa yang bisa berkakhir HP Android mati sendiri. Dengan banyaknya aplikasi yang ditawarkan membuat penggunanya ingin terus menggunakan HP Androidnya.

Sebelum kami membahas bagaimana cara mengatasi HP Android yang lemot anda harus mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi penyebab HP Android anda menjadi lemot. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kapasitas RAM menjadi faktor penentu lemotnya HP Android. Selain itu sitem operasi Android yang digunakan juga berpengaruh. Berikut ini adalah cara mudah mengatasi Android yang lemot.

Cara Mudah Mengatasi Android Yang Lemot

  1. Mengurangi Beban Pada Memori Internal

Periksalah kapasitas yang tersisa pada memori internal anda. Jika memori internal terlalu terbebani maka akan berpengaruh pada HP Android anda yang menjadi lemot. HP Android memerlukan sisa ruang penyimpanan untuk dapat menjalankan aplikasi secara cepat dan maksimal. Oleh sebab itu hapuslah aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan lagi agar ruang penyimpanan tidak terlalu penuh.

  1. Mengurangi Widget

Widget yang biasa anda pasang pada home screen akan berakibat pada lemotnya HP Android anda karena widget akan berjalan secara bersamaan pada saat paket data anda aktif. Dengan widget yang berjalan bersamaan tersebut akan mengkonsumsi kapasitas RAM yang menyebabkan HP menjadi lemot. Oleh sebab itu kurangilah widget yang ada pada home screen anda sekarang.

  1. Menutup Aplikasi Untuk Membebaskan RAM

Jika anda menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan bahkan tidak menutup aplikasi sebelumnya ini akan mengakibatkan kapasitas RAM akan terkuras sehingga smartphone menjadi lelet. Tutuplah aplikasi yang sedang tidak anda gunakan agar anda dapat menjalankan aplikasi lainnya dengan lancar. Bebaskanlah RAM dengan aplikasi seperti clean master setiap kali anda telah membuka banyak aplikasi untuk menghindari smartphone yang lemot.

  1. Animasi Layar Dan Transisi

Launcher yang biasa anda pakai di HP Android biasanya menawarkan animasi layar serta efek transisi yang memperindah tampilan HP Android anda. Tetapi Animasi layar dan juga efek transisi ini berpengaruh pada HP yang menjadi lemot. Oleh sebab itu sebaiknya anda menonaktifkannya. Caranya masuk ke pengaturan kemudian pilih about phone setelah itu cari software information pilih built number terus hingga developer option dan aktifkan. Kembali lagi ke pengaturan pilih skala animasi jendela kemudian set ke off bersama dengan skala durasi animator.

  1. Restart Android Anda

Ini adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk mengatasi HP Android yang lemot. Restart HP Android anda untuk membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis. Selain itu cara ini juga dapat menghentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

Itulah tadi cara mudah dan cepat mengatasi HP Android yang lemot. Jika anda ingin agar HP tidak lemot bijaksanalah dalam memilih aplikasi yang dipasang di HP Android anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *